Monthly Archives: October 2015

akreditasi

Akreditasi Rumah Sakit, Untuk Apa?

akreditasi-RS1

Saat ini masyarakat semakin sadar untuk memilih layanan kesehatan yang baik. Beberapa contohnya adalah masyarakat saat ini tidak sungkan lagi untuk mempertanyakan alternatif perawatan yang akan mereka terima sesuai dengan kondisi keuangan mereka saat ini. Mereka juga tidak sungkan lagi untuk berdiskusi dengan dokter mengenai kegunaan dan efek samping obat yang diresepkan dokter kepada mereka. Continue reading

simulasi-kebakaran

Simulasi Evakuasi Kebakaran

simulasi-kebakaran

Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI pada bulan Oktober mengadakan praktik prosedur evakuasi darurat dengan melaksanakan Simulasi Evakuasi Kebakaran.

Simulasi Evakuasi Kebakaran adalah metode berlatih evakuasi dalam gedung untuk kebakaran atau keadaan darurat lainnya. Umumnya, sistem darurat (ditandai oleh alarm atau pendeteksi asap kebakaran) mengeluarkan suara, dan bangunan dievakuasi seolah-olah api nyata telah terjadi. Continue reading

Hasil penemuan ilmu genetika abad 20 menjelaskan bahwa jenis kelamin seorang bayi ditentukan oleh air mani dari pria. Dalam air mani pria terdapat kromosom X yang berisi sifat-sifat kewanitaan dan kromosom Y yang berisi sifat kelaki-lakian. Sedangkan dalam sel telur wanita hanya mengandung kromosom X yang mengandung sifat kewanitaan. Jenis kelamin seorang bayi tergantung pada sperma yang membuahi, apakah mengandung kromosom X atau Y.

Al Qur’an telah menjelaskan fakta tersebut dalam surat An Najm ayat 45-46, yang artinya: “Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita, dari air mani. apabila dipancarkan”

Dari ayat ini, pada kalimat pertama “Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita” dari kalimat ini dijelaskan bahwa sungguh Allah SWT menciptakan pria dan wanita, dalam arti lain pria dan wanita maksudnya kelamin laki-laki dan perempuan. Jadi, hanya dua jenis kelamin yang diciptakan oleh Allah SWT. Pada kalimat selanjutnya dikatakan “Dari air mani, apabila dipancarkan” pada kalimat ini menjelaskan jenis kelamin laki-laki atau perempuanditentukan dari air mani yang dipancarkan. Dari sini jelas bahwa Allah SWT mengisyaratkan bahwa jenis kelamin ditentukan oleh air mani.

Fakta Ilmiah

Ada yang namanya kromosom ialah unsur utama dalam penentuan jenis kelamin. Dua dari 46 kromosom yang menentukan bentuk seorang manusia diketahui sebagai kromosom kelamin. Dua kromosom ini disebut “XY” pada pria, dan “XX” pada wanita. Penamaan ini didasarkan pada bentuk kromosom tersebut yang menyerupai bentuk huruf-huruf ini. Kromosom “Y” membawa gen-gen yang meng-kode sifat-sifat kelaki-lakian, sedangkan kromosom “X” membawa gen-gen yang meng-kode sifat-sifat kewanitaan.

Pada pembentukan jenis kelamin dapat ditentukan saat terjadinya pertemuan sel sperma dengan sel telur. Jika yang membuahi sel telur adalah sel sperma yang membawa kromosom X, maka akan terbentuk individu dengan jenis kelamin wanita (XX). Tetapi jika yang membuahi sel telur adalah sel sperma yang membawa kromosom Y, maka akan terbentuk individu dengan jenis kelamin laki-laki (XY).

Dari fakta-fakta ini sudah jelas bahwa penentuan jenis kelamin adalah dari sel sperma ayah, bukan dari sel telur ibu. Fakta-fakta tersebut baru diketahui pada abad baru-baru ini saja, dimana sudah ada alat-alat canggih untuk melakukan penelitian. Sedangkan Al Qur’an yang telah ada sejak abad 14 yang lalu telah mengisyaratkan bahwa air mani adalah penentu jenis kelamin bayi. Subhanallah