Laboratorium Patologi Anatomi

Instalasi Patologi Anatomi (PA) RS IBNU SINA YBW-UMI memiliki peralatan mutakhir dalam mengolah jaringan histopatologi untuk diagnosis lebih CEPAT dan AKURAT. Instalasi Patologi Anatomi mencakup Lab Histopatologi, Lab Sitologi, Lab Histokimia dan Lab Imunohistokimia.
Pemeriksaan Histopatologi masih merupakan “Gold Standard” untuk menegakkan diagnosa suatu tumor. Sebagai unggulan, untuk menunjang ketepatan diagnosa dan membantu pemilihan jenis terapi, dikembangkan Lab Imunohistokimia yang bisa memberikan informasi profil molekular suatu jaringan tumor. Seperti pada Tumor Payudara dilakukan pemeriksaan Panel HER-2, ER, PR. Profil molekular menjadi sangat penting karena pasien yang sepertinya sama jenis tumornya bisa saja memberikan gambaran profil molekular yang berbeda, ini mengakibatkan respon terhadap terapi berbeda-beda dan prognosisnya juga berbeda.
 1.  Pemeriksaan jaringan histopatologi rutin yaitu pemeriksaan histopatologi jaringan kecil, sedang dan jaringan besar, serta jaringan histopatologi yang memerlukan perlakuan khusus misalnya: jaringan Biopsi endoskopi dengan pemeriksaan Helicobacter pylori, jaringan tulang yang memerlukan proses dekalsifikasi.
 2.  Cairan Sitologi (Cairan efusi pleura, cairan ascites, sikatan dan bilasan bronkhus, cairan aspirasi, sitologi urin dll.)
 3.  Pemeriksaan Sitologi Ginekologi (Pap smear dan Vaginal Swab)
 4.  Pemeriksaan FNAB dan FNAB dengan USG-Guiding.
 5.  Pemeriksaan Histokimia / Pulasan khusus meliputi pemeriksaan PAS dll.
 6.  Pemeriksaan Imunohistokimia meliputi pemeriksaan panel payudara (Her-2/neu, ER, PR), limfoma (CD3, CD20, CD45) dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>